Jakarta, 24/11/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan Bagi Calon Fasilitator PBJ Tingkat Dasar atau Training For Trainer (ToT) di bulan November 2018. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari (21 – 23 November 2018) dan ujian dilaksanakan pada hari ke 3 (23 November 2018) bertempat di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta Utara.

Peserta berasal dari berbagai instansi yang terdiri dari 35 peserta antara lain dari Balai Diklat Keagamaan Semarang (Kementerian Agama), Universitas Palangka Raya, BPSDM Kalimantan Timur, BPSDM Kalimantan Barat, Universitas Islam Negeri IB Padang, BPSDM Maluku, Institut Seni Indonesia Padang, Universitas Airlangga, RS Jantung Harapan Kita, BPSDM Banten, Dinkes Kota Padang Panjang, Universitas Sriwijaya, Dinas PUPR Pemalang, Setda Provinsi Bali, Dinkes Kabupaten Tanah Laut, Dinas PUPR Papua, Dinas Kehutanan DKi Jakarta, Universitas Teuku Umar, Universitas Dharma Andalas, PT Jasa Marga. Peserta saling membaur tanpa membedakan asal daerah masing-masing dan keakraban dapat terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama (21/11/2018) pelaksanaan pelatihan dibuka oleh Bapak Arif Surachman sebagai Keynote Speaker, beliau menjelaskan mengenai BLC dan Pengenalan Program Pelatihan ToT PBJ Tingkat Dasar ini kepada seluruh peserta yang hadir. Peserta juga cukup aktif saat sesi tanya jawab. Setelah itu dilanjutkan oleh Pak Heldi Yudiatna yang menjelaskan tentang Filosofi Pengadaan Barang/Jasa dan Filosofi Perencanaan PBJ

Hari Kedua (22/11/2018), Materi yang disampaikan yaitu Filosofi Persiapan dan Pelaksanaan PBJP yang dijelaskan oleh Emin A Muhaemin selama 4 Sesi Berturut turut. Para Peserta pun fokus agar mereka bisa menjadi fasilitator yang handal & profesional.

Hari Ketiga (23/11/2018), hari ujian dimana para peserta mengerjakan Ujian Substansi Tertulis yang diawasi oleh LKPP yaitu Bu Putri dan Pak Okto, waktu yang di berikan saat ujian tertulis yaitu 3 jam. Ujian dimulai pukul 08.00 hingga selesai. Peserta berkonsentrasi saat ujian tulis dimulai dan berharap semua peserta lolos untuk menjadi Fasilitator PBJ Tingkat Dasar. Setelah Ujian dan Ishoma mereka kembali ke kelas untuk melaksanakan Uji Microteaching yang diikuti hanya 1 Peserta yaitu Bapak Kurniawan Ilyas dari Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Konewa Selatan dengan penguji atau jurinya adalah Pak Wisnu dari LKPP.

Pengumuman kelulusan belum diketahui dan masih menunggu hasil dari LKPP. Harapannya pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan dapat mengimplementasikan semua ilmu yang didapat dengan baik. [VENY PUTRI AULIA – LPKN]