Jakarta, 30 Januari 2021 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menyelenggarakan BIMTEK ONLINE PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN GELOMBANG 1 PADA TANGGAL 18 – 30 JANUARI 2021, kegiatan ini terdiri dari 6 sesi pertemuan. Dengan jumlah total peserta sebanyak 220 peserta.

Hari Pertama, 18/01/2021 – Pembukaan yang dibawakan oleh Ibu Annisa Virdianasari, S.Si selaku MC, dan Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, sebagai pendamping narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak Dr. Ir Fahrurrazi, M.Si. dengan Tema Gambaran Umum dan Landasan Hukum yang terdiri dari beberapa sub-materi, yaitu Landasan Hukum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Syarat dan Kompetensi Pengangkatan PPK, Flow tugas dan fungsi PPK tahapan Perencanaan hingga serah terima, PPK dan Kaitannya dengan pelaku pengadaan lainnya, dan Titik Risiko sebagai PPK.

Hari Kedua, dan Ketiga 19,20 Januari 2021 – Hari Materi dipaparkan oleh Ibu Mina Ayu Roswyda, S.T dengan pendamping narasumber Ibu Mutiara Ramadhani Kusumadewi, SKM, MH, tentang melakukan analisis belanja (spend analysis), menyusun identifikasi kebutuhan dan paket Pengadaan Barang/Jasa, menyusun rencana anggaran Pengadaan Barang/Jasa, Menyusun jadwal pengadaan, dan Menyusun Cara dan Strategi Pengadaan.

Hari Keempat, hingga keenam 21-23 Januari 2021 – Materi dipaparkan oleh Bapak Dr. Ir Fahrurrazi, M.Si.dengan pendamping narasumber Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dengan materi Mengelola Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Perumusan Kontrak dan melakukan finalisasi dokumen kontrak PBJ, Pembentukan Tim Pengelola Kontrak, Pengendalian Pelaksanaan Kontrak, Penyelesaian sengketa Kontrak, Serah Terima Hasil, Evaluasi Kinerja Penyedia Pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hari Ketujuh dan Kedelapan 25-26 Januari 2021 – Materi dipaparkan oleh Ibu Deby Sandra,S.Kom.MM., CCMs dengan pendamping narasumber Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dengan materi Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Identifikasi/Reviu Kebutuhan dan Penetapan Barang/Jasa, penyusunan Spesifikasi Teknis dan Kerangka Acuan Kerja (KAK), penyusunan perkiraan harga, perumusan strategi Pengadaan, pemaketan dan cara Pengadaan, dan perumusan organisasi pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hari kesembilan dan kesepuluh 27,28 Januari 2021 – Hari Materi dipaparkan oleh Bapak Atas Yudha Kandita, ST , dengan pendamping narasumber Ibu Mutiara Ramadhani Kusumadewi, SKM, MH, tentang Mengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah melalui Swakelola dengan sub materi perencanaan secara Swakelola, persiapan secara Swakelola, pelaksanaan secara swakelola, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan Pengadaan secara Swakelola, Analisa Permasalahan dan Evaluasi Kinerja Swakelola / evaluasi keberhasilan pelaksanaan swakelola.

Hari Kesebelas yaitu kelas Bonus pada tanggal 29 Januari 2021 – Materi dipaparkan oleh Ibu Mina Ayu Roswyda, S.T dengan pendamping narasumber Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dengan materi Tata Cara dan Strategi Mengikuti Uji Kompetensi Pengadaan Barang/jasa Pemerintah yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Jenis Jenis Kelas Kompetensi Pengadaan, Tata Cara Mengikuti Uji Komptensi, Hal hal yang di persiapkan, dan Mempersipakan Portofolio.

Hari Kedua belas yaitu kelas terakhir dan merupakan kelas Bonus pada tanggal 30 Januari 2021 – Materi dipaparkan oleh Ibu Sinta Posmaria, S.T., M.T., CCMs dengan pendamping narasumber Bapak Ade Kristianto, ST, M.A.P, CCMs, dan Ibu Annisa Virdianasari, S.Si selaku MC dengan materi Pejabat Pembuat Komitment (PPK) pada Jasa Konstruksi yang terdiri dari beberapa sub-materi yaitu Hal hal yang menjadi Perhatian PPK dalam Pengadaaan Jasa Konstruksi, PPK Perencanaan Pengadaan jasa Konstruksi, PPK dalam Pelaksanaan Kontrak Konstruksi,dan Manajemen Risiko bagi PPK dalam Jasa Konstruksi.

.