Jakarta, 21/11/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Berbasis Blended Learning di pertengahan November . Peserta berasal dari instansi DBADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN. Peserta berjumlah 30 orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama, 18/11/2019 – Narasumber di hari pertama diisi oleh Motivator Gion. Beliau membawakan materi Motivation.

Hari Kedua, 19/11/2019 – Narasumber di hari Kedua adalalah Dr. Hermawan, S.E., M.M,. Beliau membawakan materi Ketentuan Umum, Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa (PBJ), Pelaku PBJ, PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum, Perencanaan Pengadaan.

Hari Ketiga, 20/11/2019– Materi dilanjutkan oleh Ibu Juni Irawati, S.Kom., M.H. Dengan Materi Persiapan PBJ, Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, Pengadaan Khusus, Pembahasan Try Out, dan Post Test & Penutup.

Hari Keempat, 21/11/2019, Ujian belangsung dan berjalan dengan lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian cukup memuaskan yaitu 16.67% dari 30 peserta

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya kelak dengan baik. [Teguh– LPKN]