Jakarta, LPKN – 21/10/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Bagi Petugas K3 Konstruksi di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta Utara. Peserta berasal dari beberapa Instansi yaitu, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Manokwari, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Papua Barat, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa PEMDA KOTA Bau Bau, CV. Rajaya Putra Naga, dan CV. Lang yang totalnya berjumlah 24 Orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya
Hari Pertama 21/10/2019, Pada hari pertama materi disampaikan oleh Adityawarman, ST dari A2K4 yang menyampaikan materi tentang Pengetahuan Dasar K3, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), dan Pengetahuan Dasar tentang Pencegahan HIV/AIDS di Sekor Konstruksi. 
Masih di hari yang sama, materi dilanjutkan oleh Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR , yaitu Dr. Ir. Putut Marhayudi, M.M. yang menyampaikan materi tentang Peraturan Perundangan terkait K3, Penerapan SMKK berdasarkan PERMEN PU No.05/PRT/M/2014 dan Perubahannya.
Narasumber lainnya di Hari Pertama, yaitu Ratih Fitriani, ST., MT, yang merupakan Ahli Madya K3 menyampaikan materi tentang Kebijakan Pemerintah tentang Keselamatan Konstruksi, Peraturan Perundangan terkait K3, Penerapan SMKK berdasarkan PERMEN PU No.05/PRT/M/2014 dan Perubahannya, Penerapan Keselamatan Konstruksi dalam Pengadaan Jasa Konstruksi sesuai PERMEN PUPR No.07/PRT/M/2019, dan Penjaminan dan Pengendalian Mutu dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi. Sebelum mendapatkan materi dari para narasumber, peserta terlebih dahulu mengerjakan ujian (pretest)
Hari Kedua 22/10/2019 Pelaksanaan pelatihan dilanjutkan oleh Adityawarman, ST. dengan materi Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK), Manajemen Risiko Bahaya pada Pekerjaan Konstruksi, Manajemen Lingkungan dan Hygiene, K3 Pekerjaan Konstruksi, serta Penjelasan tentang Observasi Lapangan.
Pada Hari Ketiga 23/10/2019 diadakan Observasi ke salah satu Proyek Pembangunan Jalan Tol oleh PT. Adikarya daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Setelah observasi, setiap peserta yang sudah dibagi menjadi empat kelompok menyusun makalah untuk kemudian dipresentasikan. Kegiatan hari ketiga ini dipandu oleh Drs. Dominggus Manuputty, MM.