Jakarta, 19/10/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Berbasis Blended Learning di pertengahan Oktober . Peserta berasal dari instansi KEMENTERIAN LUAR NEGERI, BALAI BESAR POM DI MATARAM, LOKA POM DI KABUPATEN BIMA, PUSAT TEKNOLOGI BAHAN GALIAN NUKLIR (BATAN), BADAN PELAKSANA PENGADAAN DIREKTORAT PEMBEKALAN ANGKUTAN AD, DINAS KESEHATAN UPTD PUSKESMAS RAWAT INAP SUKANAGARA PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR, LOKA PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI KOTA TARAKAN, BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN, BALAI PENGUJIAN MUTU BARANG – KEMENTERIAN PERDAGANGAN, BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI JAKARTA, UNIT PENGELOLA RUMAH SUSUN JATINEGARA KAUM, PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN MENTENG, PUSKESMAS RANGKAPAN JAYA, BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA, PT. FOOD STATION TJIPINANG JAYA. Peserta berjumlah 31 orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama, 17/09/2019 – Dibuka oleh Bapak Gion Sugitanto S.T. M.T, selaku motivator.

Narasumber di hari pertama adalah Bpk Mustofa Kamal, SE, MSAK, CFRA, CCMS Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Beliau membawakan materi Ketentuan Umum, Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa (PBJ), Pelaku PBJ, PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum, Perencanaan Pengadaan.

Hari Kedua, 18/10/2019– Materi dilanjutkan oleh Bpk Ir. Sutan Suangkupon Lubis, M.Sc, Persiapan PBJ, Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, Pengadaan Khusus, Pembahasan Try Out, dan Post Test & Penutup.

Hari Ketiga, 19/10/2019, Ujian belangsung dan berjalan dengan lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian cukup memuaskan yaitu 86,21% dari 29 peserta

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya kelak dengan baik. [Nadhila– LPKN]