Pontianak, LPKN – 04/10/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Bagi Petugas K3 Konstruksi di bulan Oktoberber ini. Peserta berasal dari beberapa Instansi yaitu, Kabupaten Sambas, Setda Prov. Kalbar, Kab. Kubu Raya, Kab. Landak, Perusahaan Swasta dan ASN  yang totalnya berjumlah 25 Orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 02/10/2019, Pada hari pertama pembukaan bersama dengan Bapak Dr. Ir. Putut Marhayudi, M.M. beliau adalah Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR. Kemudian menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan langsung memulai materi pertama oleh Pak Dendy Rahadian, S.Sos, M.Ak dari DJBK PUPR yang membahas tentang, Kebijakan Pemerintah Tentang Keselamatan Konstruksi, Peraturan Perundangan terkait K3, dan Penerapan, SMKK berdasarkan Permen PU No. 05/PRT/M/2014 dan perubahannya. ditambah dengan materi dari pak Dr. Ir. Putut Marhayudi, M.M. Penerapan Keselamatan Konstruksi dalam Pengadaan Jasa Konstruksi sesuai Permen PUPR No. 07/PRT/M/2019 & Penjaminan Pengendalian Mutu dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi di lanjut dengan Ishoma dan di pertengahan sesi Ir. Robert Sugihardjo, CSP mengisi materi yang berjudul Pengetahuan Dasar tentang K3, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Pengetahuan Dasar tentang Pencegahan HIV/AIDS di sektor Konstruksi.

Hari Kedua 03/10/2019 Pelaksanaan pelatihan masih dilanjutkan oleh  pak Dr. Ir. Putut Marhayudi, M.M. dan Materi yang dibawakannya yaitu, Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK), K3 Pekerjaan Konstruksi, K3 Pekerjaan Konstruksi (Lanjutan), Dilanjutkan dengan Manajemen Resiko Terhadap Bahaya, dan Manajemen Resiko Terhadap Bahaya Lanjutan.

Hari Ketiga 04/10/2019 Pelaksanaan pelatihan dilanjutkan di Mako Batalyon A Pelopor SatBrimob Polda Kalbar di bawah kontraktor CV. Citra Agung dengan proyek pembuatan Rumah Susun. setalah jam makan siang dan Ishoma peserta melanjutkan Observasi nya ke TKP, setelah mendapatkan data dan Fakta peserta kembali ke hotel untuk menyusun makalah yang nantinya akan di presentasikan oleh kelompok Peserta yang sudah dibagikan. dan akhirnya ditutup sudah event K3 di pontianak Kali ini.