Jakarta, 26/09/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Acara BIMBINGAN TEKNIS PERSIAPAN DAN STRATEGI MENGHADAPI AUDIT DAN RISIKO HUKUM BAGI PELAKSANA PENGADAAN BARANG/ JASA PEMERINTAH Acara ini dilaksanakan selama dua hari ( 25 – 26 September 2019 ). Acara ini diselenggarakan di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya PDAM TIRTA KERTA RAHARJA KAB. TANGERANG, KEMENTERIAN AGAMA, DINASKESEHATAN PROVINSI BANGKA BELITUNG, BAGIAN LAYANAN PENGADAAN SETDA KAB. TEGAL, BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA, PT.BRANTAS ABIPRAYA (PERSERO), SEKOLAH VOKASI UGM, PT. PUPUK KUJANG, ADVOKAT, BALAI BESAR POM DI SERANG, RSUD CIBABAT, BALAI BESAR REHABILITASI BNN. Acara kali ini diikuti sebanyak 28 peserta dengan asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antara peserta satu dengan yang lainnya.

Hari Pertama 25/09/2019, ada pembukaan dari Bpk Asrihadi.

Pada sesi pertama diisi oleh Aulia Rahmat, S.e., Ak., M.Si Beliau dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Materi Pertama yang disampaikan adalah Memahami Tentang Persiapan Menghadapi Audit serta Resiko Kerugian Negara  dan sesi ke dua beliau membawakan materi, Menyikapi Hasil Audit : Implikasi dan Risiko Hukum dari hasil Audit.

Setelah melakukan ISHOMA, Materi di lanjutkan oleh Bpk Dr. Wawan Zulmawan, S.H., MBA., M.M., M.H. (Multidiciplinary Expert) dengan materi Mitigasi Risiko Permasalahan Hukum dalam Pengadaan dan Bagaimana Menghadapi Pemeriksaan Oleh Aparat Penegaak Hukum (APH).

Hari Kedua 26/09/2019, diisi oleh Bapak Ika Gunawan, S.ST., ME. Ak., CA (Procurement Specialist – BPKP). Materi yang dibawakan yaitu Memahami Regulasi dan Titik Krisis Pengadaan Barang/Jasa dari kacamata Auditor maupun APH, Tata Cara dan Tahapan Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Strategi dan Panduan dalam Menghadapi Audit Pengadaan, dan Memahami Aspek Aspek Hukum dalam Pengadaan Barang/ Jasa.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. [Nadhila– LPKN]