Jakarta, LPKN – 04/09/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menyelenggarakanBIMBINGAN TEKNIS KONSTRUKSI STANDAR DAN PEDOMAN PENGADAAN JASA KONSTRUKSI (DOKUMEN TENDER/SELEKSI, TATA CARA PEMILIHAN, DAN EVALUASI PENAWARAN) di bulan September ini. Peserta berasal dari beberapa Instansi yaitu, Sekretariat DaerahKota Bima, Pemerintah Kabupaten Bintan, Badan Setda Kab Banjar Kalsel, Politeknik Ujung Pandang, Sekretariat Kota Bau-Bau, Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, PT Brantas Abipraya, PDAM Tirta Musi Palembang yang totalnya berjumlah 23 Orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 03/09/2019, Pada hari pertama diisi dengan Pemberian Materi Oleh Bapak  Nicolast Aji Wahyu Pamungkas, ST. (Direktorat Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi – Kementerian PUPR) dan Materi yang dibawakannya yaitu Gambaran Umum dan Penjelasan Mengenai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan No. 07/Prt/M/2019 Tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia. Lalu dilanjutkan mengenai Dokumen Tender Pekerjaan Konstruksi Tata cara dan Prosedur Mengikuti Tender Pemerintah. Materi penutup adalah Tata Cara Pemilihan Pekerjaan Konstruksi. Setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber, peserta melakukan tanya-jawab untuk menambah pengetahuan peserta dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

Dan ada Keynote Speaker oleh Dr. Ir. Putut Marhayudi, M.M. (Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR

Hari Kedua 04/09/2019 – Pelatihan ini Dilanjutkan oleh Ibu Sinta Posmaria, S.T., M.T., CCMs (Kementerian PUPR), beliau membawakan materi Mengenai Dokumen Seleksi Jasa Konsultansi Konstruksi  dan dilanjutkan dengan Materi  Tata cara Pemilihan Jasa Konsultan Konstruksi.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Rizki Mitra Festiawan, S.Kom (Kementerian PUPR), materi yang dibawakan Latihan dan simulasi “Evaluasi Pekerjaan Konstruksi” & SPSE 4.3 dan Latihan dan simulasi “Evaluasi Jasa Konsultan Konstruksi & SPSE 4.3

Diharapkan dengan adanya Diklat ini dapat memberikan manfaat dan motivasi untuk menambah wawasan pengetahuan para peserta. NADHILA – LPKN.