Jakarta, 06/05/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Acara Lokakarya Nasional di bulan April ini. Tema yang di angkat kali ini adalah Creative Financing Dalam Percepatan Penyediaan Infrastruktur Indonesia” Public Private Partnership. Acara ini dilaksanakan selama dua hari ( 29 – 30 April 2019 ). Acara ini diselenggarakan di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya dari PT. BAHANA KAPITAL INVESTA / INVESTMENTA, PT. JAKARTA PROPERTINDO (Perseroda), DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI MALUKU UTARA, PT. SURVEYOR INDONESIA (Persero), BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA DAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SETDA KOTA JAMBI, DINAS PERUMAHAN KAWASAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN KABUPATEN SEKADAU, PT. JASA MARGA (Persero) Tbk, PT. SARANA ANTAR NUSA PEREKAYASA, PT. BRANTAS ABIPRAYA (Persero) dan Masih Banyak Lagi! Acara kali ini diikuti sebanyak 29 peserta dengan asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antara peserta satu dengan yang lainnya.

Hari Pertama 29/04/2019, Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Eko Djoeli Heripoerwanto, MCP (Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan) Materi yang disampaikannya adalah mengenai KPBU Sebagai Alternatif Pembiayaan Penyediaan Infrastruktur Indonesia

Pada Sesi Kedua, dilanjutkan oleh diskusi mengenai “Kedudukan KPBU Dalam Tata Kelola Pengadaan Indonesia” dibawakan oleh Ilvia Restu Utami, S.E. (Kepala Seksi Kemitraan Infrastruktur) – LKPP, Lalu “Dukungan Pemerintah dalam Meningkatkan Kelayakan Proyek” dibawakan oleh Hendro Ratnanto, SE, MSE (Kepala Seksi Persetujuan Proyek Sektor I – Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur), Lalu “Pembayaran Ketersediaan Layanan dalam Rangka Kerja Sama Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha (KPDBU) dalam Penyediaan Infrastruktur.-BerdasarkanPermendagri Nomor 96 Tahun 2016” dibawakan oleh Dr. Hendriwan, M.Si (Direktur Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri), dan “Peran Penting Penjaminan Dalam Proyek KPBU” yang dibawakan oleh Ahmad Zaki Arifin (Vice President of Guidance & Consultation Division – PT. Penjaminan & Infrastruktur (PII) dan dimoderatori oleh Elvira Khairunnisa (CNN Indonesia)

Pada Sesi Kedua, dilanjutkan oleh Dr. Ir. Putut Marhayudi, M.M., selaku Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Beliau Menjelaskan Mengenai “Prinsip dan Esensi Dasar dari KPBU

Pada Sesi Ketiga, diisi oleh Heldy Satrya Putera Beliau adalah Direktur Perencanaan Infrastruktur – BKPM dan Beliau Menjelaskan mengenai Tata Cara Pelaksanaan Market Sounding

Hari Kedua 30/04/2019, Kemabli dilanjutkan oleh Thanthawi Jauhari, ST., M.A., M.SE. (Kepala Seksi Kemitraan Non Infrastruktur ) – LKPP, Menjelaskan mengenai :

• Tata Cara Persiapan Pengadaan Badan Usaha Pelaksana (Perlem LKPP 19/2015 & Perlem 29/2018)

• Tata Cara Pelelangan Satu Tahap dan Dua Tahap Pengadaan Badan Usaha Pelaksana (Perlem LKPP 19/2015 & Perlem 29/2018)

Pada Sesi Selanjtunya, Diisi oleh R. Noorman Windarto (Kasi Wilayah IV B Direktorat Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri) yang membawakan materi mengenai Tata Cara Memperoleh Rekomedasi Availability Payment (APBD – Permendagri 96/2016)

Pada Akhir Acara, Sri Bagus Guritno (Direktur Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun, Kementerian PPN/Bappenas) selaku Keynote Speaker membawakan materi mengenai Tata Cara Perencanaan dan Penyiapan Proyek KPBU (Permen PPN No. 4/2015)

Setelah Menyampaikan materi acara pun ditutup secara resmi oleh
Sri Bagus Guritno (Direktur Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun, Kementerian PPN/Bappenas).

“Diharapkan dengan adanya Lokakarya Nasional ini dapat memberikan Ilmu yang bermanfaat, memberikan wawasan baru, dan dapat menjadi motivasi untuk kedepannya”. –Soffy – LPKN (Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional)