Jakarta, 27/04/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di bulan April ini. Peserta berasal dari berbagai instansi yaitu dariAKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, KANTOR IMIGRASI KELAS 1 KHUSUS TPI SOEKARNO HATTA, DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, PT. IPC TERMINAL PETIKEMAS, DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN PEBIAYAAN DAN RISIKO, PT. WASKITA KARYA REALTY, GLOBAL FUND, PT. TRANSPORTASI JAKARTA. Peserta berjumlah 14 orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 23/04/2019 Pelaksanaan pelatihan di isi oleh Ibu Dr. Galuh Tantri Narindra. ST. MT. beliau dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI). Materi pertama yang disampaikan adalah tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1-3 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

Hari Kedua 24/04/2019 diisi oleh Bapak Ir. Sudarisman beliau berasal dari Ahli Pengadaan Kementerian PUPR Materi pertama yang disampaikan oleh beliau adalah materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan.

Hari ketiga 25/04/2019 pelatihan dilanjutkan oleh Bapak Ika Gunawan, S.E., Ak., M.Si Beliau adalah Ahli Pengadaan BPKP Materi yang disampaikan yaitu materi 6 tentang Persiapan PBJ, materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus.

Hari Keempat 26/04/2019 diisi oleh Ibu Deby Sandra, S.Kom., M.M. beliau adalah Kepala ULP. Membahas semua materi keseluruhan mulai dari materi 1- materi 9 serta membahas Tryout dari LKPP. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan, tibalah saat ujian pada hari esok.

Ujian dilaksanakan pada hari terakhir yaitu hari Sabtu tanggal 27/04/2019

Ujian berjalan dengan sangat lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia serta Ibu Rini selaku pengawas di ujian PBJ kali ini. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian cukup memuaskan yaitu 66.67% dengan peserta lulus sebanyak 10 Orang peserta dan tidak lulus 5 orang peserta.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. [Nikita – LPKN]