Tangerang, 13/04/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan April ini. Tema yang di angkat kali ini adalah “PELATIHAN SERTIFIKASI KOMPETENSI AHLI KONTRAK PENGADAAN CERTIFIED CONTRACT MANAGEMENT SPECIALIST (CCMS)” Diklat dilaksanakan selama lima hari (09-13 April 2019). bertempat di Hotel Safwah Bintaro, Tangerang.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya dari BAGIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SIAK, BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA SEKRETARIAT DAERAH KOTA SUKABUMI, BAGIAN LAYANAN PENGADAAN BARANG/JASA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BEKASI, BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SUKABUMI, BAGIAN PEMBANGUNAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PEMALANG. Diklat kali ini diikuti sebanyak 9 peserta dengan background asal daerah dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antar peserta satu sama lain.

Di hari pertama acara 09/04/2019 pelaksanaan pelatihan disampaikan oleh bapak Ir. Khairul Rizal, MBA beliau adalah Instruktur Pengadaan Barang dan Jasa. Materi yang disampaikan adalah Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa dan Melakukan Penyelarasan Kebijakan PBJ.

Hari Kedua 10/04/2019 – Pelakasanaan pelatihan Dilanjutkan Oleh Bapak Ir. Subagya Sastrosoegito beliau adalah Ahli Pengadaan Kementerian PU. Beliau membahas tentang Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak Pengadaan dan Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Pengadaan.

Hari Ketiga 11/04/2019 –  Pelakasanaan pelatihan masih dilanjutkan oleh Bapak Ir. Subagya Sastrosoegito beliau adalah Ahli Pengadaan Kementerian PU membahas materi tentang Melakukan Kualifikasi Penyedia Barang/jasa dan Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan dan Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan.

Hari Ke empat 12/04/2019 –  Hari terakhir pelatihan dilanjutkan oleh bapak Ika Gunawan, S.E., Ak., M.Si. Beliau adalah Ahli Pengadaan -BPKP, beliau membahas materi Mengelola Kinerja dan Mengelola Risiko.

Selama diklat berlangsung  di Hotel Safwah Bintaro, terdapat ruangan yang sangat nyaman sehingga peserta dapat menyimak dengan baik, sesi diskusi dan tanya jawab, dimana para peserta serta narasumber saling sharing tentang problem yang mereka alami selama di lapangan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Hari Ke lima 13/04/2019 – Hari terakhir pelaksanaan Diklat di Hotel Safwah Bintaro, dimana peserta melakukan Ujian tertulis terlebih dahulu.

Setelah itu peserta melakukan ujian sertifikasi wawancara dengan Assesor yaitu Muhammad Nur Yahya dan Ir. Sudarisman. Tempat ujian yang nyaman sehingga para peserta fokus pada saat ujian berlangsung.

Diharapkan dengan adanya Diklat ini dapat memberikan manfaat dan motivasi untuk menambah wawasan pengetahuan para peserta. Gissa – LPKN.