Jakarta, 18/03/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di pertengahan Maret ini. Peserta berasal dari intansi unit kerja Kementerian Argraria dan Tata Ruang / Badan Pertahanan Nasional, Dinas pertanian dan perternakan Provinsi Sulawesi Utara, Kemenerian Perindustrian, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi daerah Kabupaten Bangka, PT. JAKARTA TOURISINDO Peserta berjumlah  12 orang. Keakraban pun saling terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 12/03/2019 Pelaksanaan pelatihan di isi oleh  Bapak Ir. Sudarisman beliau adalah Ahli Pengadaan -Kementerian PU. Materi pertama yang disampaikan adalah tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1-3 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

Hari Kedua 13/03/2019 diisi oleh Ibu Sri Hanizar, S.E, AK. beliau adalah Instruktur Ahli Pengadaan – LKPP. Materi pertama yang disampaikanBeliau menyampaikan materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan.

Hari ketiga 14/03/2019 pelatihan dilanjutkan oleh Bapak I Made Heriyana. beliau adalahBagian Pengadaan Barang Jasa Denpasar kota. Materi yang disampaikan yaitu materi 6 tentang Persiapan PBJ, materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus.

Hari Keempat 15/03/2019 diisi oleh 
Bapak I Made Heriyana. Beliau adalah Bagian Pengadaan Barang Jasa Denpasar kota.Membahas semua materi keseluruhan mulai dari materi 1- materi 9 serta membahas Tryout dari LKPP. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan, tibalah saat ujian pada hari esok

Ujian dilaksanakan pada hari terakhir yaitu hari Sabtu tanggal 16/03/2019

Ujian berjalan dengan sangat lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia serta Rosa Anggraini selaku pengawas di ujian PBJ kali ini. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian Reguler memuaskan yaitu 63.64% dengan peserta lulus sebanyak 7 Orang peserta dan tidak lulus 4 peserta. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. [Lamria– LPKN]