Jakarta, 16/03/2019 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan maret ini. Tema yang di angkat kali ini adalah ”PELATIHAN DAN SERTIFIKASI KOMPETENSI PENGADAAN BARANG/JASA DOUBLE DEGREE (2 PROGRAM) CERTIFIED PROCUREMENT SPECIALIST (CPS) & SERTIFIKASI POKJA PEMILIHAN” Diklat dilaksanakan selama lima hari (12 – 16 Maret 2019). bertempat di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta Utara.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya dari BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA SEKRETARIAT DAERAH PEMERINTAH KOTA SUKABUMI, DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI TENGAH, PT. BANK RIAU KEPRI, DINAS KETAHANAN PANGAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI, PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK. Diklat kali ini diikuti sebanyak 10 peserta dengan background asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antar peserta satu sama lain.

Di hari pertama acara 12/03/2019 pelaksanaan pelatihan disampaikan oleh bapak Ir. Khairul Rizal, MBA beliau adalah Instruktur Pengadaan Barang dan Jasa. Materi yang disampaikan adalah Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa dan Mengkaji Ulang Paket Pengadaan Barang/Jasa.

Hari Kedua 13/03/2019 – Pelakasanaan pelatihan Dilanjutkan Oleh bapak Ir. Subagya Sastrosoegito beliau adalah Ahli Pengadaan Kementerian PU. Beliau membahas tentang Memilih Penyedia Barang/Jasa dan Menyusun Dokumen Pengadaan Barang/Jasa.

Hari Ketiga 14/03/2019 –  Pelakasanaan pelatihan Dilanjutkan Oleh bapak Emin Adhy Muhaemin, S.Si., M.Si beliau adalah Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik -LKPP dan Ibu Eka Wara Marthianti, S.AP membahas materi tentang Melakukan Kualifikasi Penyedia Barang/jasa dan Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa.

Hari Ke empat 15/03/2019 –  Hari terakhir pelatihan dilanjutkan oleh bapak Ika Gunawan, S.E., Ak., M.Si. Beliau adalah Ahli Pengadaan -BPKP, beliau membahas materi Mengelola Kinerja dan Mengelola Risiko.

Selama diklat berlangsung  di Hotel Sunlake Sunter, terdapat ruangan yang sangat nyaman sehingga peserta dapat menyimak dengan baik, sesi diskusi dan tanya jawab, dimana para peserta serta narasumber saling sharing tentang problem yang mereka alami selama di lapangan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Hari Ke lima 16/03/2019 – Hari terakhir pelaksanaan Diklat di Hotel Sunlake Sunter, dimana peserta melakukan Ujian tertulis terlebih dahulu.

Setelah itu peserta melakukan ujian sertifikasi wawancara dengan Assesor yaitu Bambang Adi Subagiyo, Ign. Suranto dan Muhammad Nur Yahya. Tempat ujian yang nyaman sehingga para peserta fokus pada saat ujian berlangsung.

Diharapkan dengan adanya Diklat ini dapat memberikan manfaat dan motivasi untuk menambah wawasan pengetahuan para peserta. Gissa – LPKN.