Jakarta, 17/12/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan Desember ini. Tema yang di angkat kali ini adalah ”PELATIHAN SERTIFIKASI KOMPETENSI AHLI KONTRAK PENGADAAN CERTTIFIED CONTRACT MANAGEMENT SPECIALIST (CCMs)” Diklat dilaksanakan selama empat hari (10 – 13 Desember 2018). bertempat di Hotel Sunlake Sunter dan Ujian berlangsung di Safwah Bintaro Hotel, Jakarta.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya dari RSUP.DR.M.DJAMIL PADANG, UIN ANTASARI BANJARMASIN, BIRO UMUM, HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PROVINSI BENGKULU, SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KETAPANG, RS DR. SITANALA TANGERANG, PT. JASA MARGA (PERSERO) Tbk, IAHN TAMPUNG PENYANG PALANGKA RAYA, BIRO PERLENGKAPAN DAN LAYANAN PENGADAAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN, BMKG, PUSDIKLATWAS BPKP, PT. BRANTAS ABIPRAYA (PERSERO), KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT, PT. JASA MARGA (PERSERO) Tbk, KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI UTARA, BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA, ULP PROVINSI BENGKULU/ BIRO UMUM, HUMAS, DAN PROTOKOL, DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHAN KABUPATEN TANAH LAUT, BIRO UMUM, HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI BENGKULU, ULP PROVINSI BENGKULU, KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI UTARA. Diklat kali ini diikuti sebanyak 26 peserta dengan background asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antar peserta satu sama lain.

Di hari pertama acara 10/12/2018 pelaksanaan pelatihan disampaikan oleh bapak Surachman., ST., MT sebagai Motivator. Lalu dilanjutkan oleh bapak Ir. Subagio Sastro Soegito beliau adalah Praktisi Senior – Pengadaan. Materi yang disampaikan adalah Menyusun Rancangan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa dan Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak Pengadaan Barang
dan Jasa.

Hari Kedua 11/12/2018 – Pelakasanaan pelatihan Dilanjutkan Oleh bapak Reghy Perdana., SH., LLM (Ahli Kontrak – Bappenas) Beliau membahas tentang Membentuk Tim Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa, dan Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa.

Hari Ketiga 12/12/2018 –  Hari terakhir dilanjutkan olehbapak  Ir. Subagio Sastro Soegito, seperti biasa beliau membahas materi untuk Ujian Sertifikasi. Selama diklat berlangsung  di Safwah Bintaro Hotel, terdapat ruangan yang sangat nyaman sehingga peserta dapat menyimak dengan baik, sesi diskusi dan tanya jawab, dimana para peserta serta narasumber saling sharing tentang problem yang mereka alami selama di lapangan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Hari Keempat 13/102018 – Hari terakhir pelaksanaan Diklat CCMs di Safwah Bintaro Hotel, dimana peserta melakukan Ujian Sertifikasi dengan Assesor yaitu Ign. Suranto, Sudarisman, Hermawan Kaeni, D. Paisal Girsang, Rika Hariaty, dan Fitri Yusman dari LSP. Tempat ujian yang nyaman sehingga para peserta fokus pada saat ujian berlangsung.

Diharapkan dengan adanya Diklat ini dapat memberikan manfaat dan motivasi untuk menambah wawasan pengetahuan para peserta. Sofy – LPKN