Jakarta, 12/12/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan November ini. Tema yang di angkat kali ini adalah Penyusunan Dokumen & Teknik Evaluasi Penawaran Serta Penggunaan Aplikasi SPSE 4.3 Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Diklat dilaksanakan selama dua hari (10-11 Desember 2018) bertempat di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta.

Peserta berasal dari instansi berbagai instansi ada dari SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TEBO, SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN DOMPU, BIDANG HUKUM POLDA METRO JAYA, POLRES METRO JAKARTA UTARA, SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SAROLANGUN, PT. PUNDARIKA ATMA SEMESTA, DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA, DINAS PERIKANAN KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH, BADAN PENGHUBUNG DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA, SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN, UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, BAGIAN LAYANAN PENGADAAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SLEMAN, BADAN NARKOTIKA NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, CV SARI MURNI. 

Diklat kali ini diikuti sebanyak 25 peserta dengan background asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antara peserta satu sama lain.

Di hari pertama acara 10/12/2018, Pelatihan pelaksanaan oleh Bapak Surachman., ST., MT sebagai Motivator. Lalu Dilanjutkan Oleh Hilman Fazri, S.H beliau dari Unit Layanan Pengadaan – ULP LKPP. Beliau menyampaikan materi tentang Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dan PENYIAPAN DOKUMEN DAN EVALUASI DOKUMEN PENAWARAN.

Hari Kedua 11/12/2018 pelakasanaan pelatihan di lanjutkan oleh Bapak Gatot Pambudhi Poetranto, S.Kom,
MPM beliau adalah Direktur PengembanganSistem Pengadaan Secara Elektronik – LKPP. Beliau menyampaikan materi tentang KEBIJAKAN e-PROCUREMENT NASIONAL. Lalu setelah itu dilanjutkan oleh Ainun Tim Aplikasi SPSE – LKPP. beliau menyampaikan materi tentang Penggunaan dan Pengenalan SPSE 4.3 dalam Proses Pemilihan Penyedia (Untuk Pokja Pemilihan), Tender Cepat (E-Tender) melalui SPSE 4.3, lalu peserta melakukan Simulasi dan Latihan.

Selama pelatihan berlangsung, suasana kelas sangat kondusif dan para peserta begitu fokus, dan nyaman. Pelatihan ini didukung oleh MC dan Ice Breaker yaitu Alvin Musadeck sehingga para peserta dan suasana kelas menjadi lebih ceria dan lebih membangun suasana.

Diharapkan dengan adanya Diklat ini dapat memberikan manfaat dan motivasi untuk menambah wawasan pengetahuan para peserta Mengenai Penggunaan Aplikasi SPSE 4.3 Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. [Soffy – LPKN]