Jakarta, ( 15/11/2018 ) – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik di bulan November ini. Tema yang di angkat kali ini adalah “Penyusunan Laporan Keuangan PPK BLUD Berdasarkan Permendagri No. 79 Tahun 2018, Dilengkapi dengan Bendaharawan BLUD”. Bimbingan Teknik ini dilaksanakan selama tiga hari ( 07 – 09 November 2018 ) bertempat di The Balava Hotel, Malang.

Peserta berasal dari berbagai macam Puskesmas di daerah Cianjur, diantaranya dari Puskesmas ( Agrabinta, Bojong Larang, Bojong Picung, Campaka, Campaka Mulya, Cianjur Kota, Cibaregbeg, Cibeber, Cibinong, Cidaun, Ciherang, Cijagang, Cijati, Cijedil, Cikadu, Cikalongkulon, Cikondang, Cipanas, Cipendawa, Cipeuyeum, Ciranjang, Cugeunang, Gekbrong, Girijaya, Gunung Bitung, Kademangan, Kadupandak, Karang Tengah, Mande, Muka, Nagrak, Naringgul, Pagelaran, Pusakasari, Sindang Barang, Sindang Kerta, Sukaluyu, Sukamahi, Sukanagalih, Sukanagara, Sukaresmi, Sukasari, Takokak, Tanggeung, Warung Kondang ), Dinas Kesehatan & Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Cianjur.

Bimbingan Teknik kali ini diikuti sebanyak 92 peserta yang berasal dari Puskesmas, Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset di Daerah Kabupaten Cianjur, namun tidak mengurangi rasa keakraban antara peserta satu sama lain.

Hari pertama, Malang ( 07/11/2018 ), Pelaksanaan pelatihan ini dibagi menjadi 2 kelas ( Kelas A & Kelas B ). Kelas A Diisi oleh Drs. Soeharto, Beliau adalah Auditor Muda ( BPKP ), dan Kelas B Diisi oleh Drs. Nyoman Udayana Sangging, S.H., M.M. Beliau adalah Instruktur Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ( STAN ). Di sesi 1 Beliau menyampaikan materi tentang Gambaran Umum Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah. Lalu sesi 2 dilanjut dengan materi Struktur Anggaran Badan Layanan Daerah. Di sesi 3 dilanjut dengan materi Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran. dan di sesi terakhir ( sesi 4 ) di hari pertama dilanjutkan dengan materi Penyusunan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Hari Kedua, Malang ( 08/11/2018 ), Pelakasanaan pelatihan ini dilanjutkan dengan acara Outing Class yang pertama yaitu ke Jatim Park. Dan Outing Class selanjutnya ke Museum Angkat.

Hari Ketiga, Malang ( 09/11/2018 ), Pelakasanaan pelatihan ini dilanjutkan dengan acara Tour  ke Gunung Bromo. Setelah acara Tour selesai, dilanjut dengan acara Ramah Tamah Organ Tunggal sampai selesainya acara pelatihan dihari ketiga. Peserta sangat senang dan gembira dalam setiap sesi yang mereka lakukan.

( Ryan Afriansyah – LPKN )