Jakarta 15/08/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa di bulan agustus ini. Pelatihan kali ini berbentuk in-house atau pelatihan tertutup dengan peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari (31 Juli – 3 Agustus 2018) dan ujian dilaksanakan pada hari ke 5 ( 4 Agustus 2018) bertempat di Soll Marina Hotel Serpong, Tangerang. Peserta berasal dari lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang terdiri dari 66 peserta yang terbagi dalam 2 kelas, kelas A dan kelas B. Peserta saling membaur tanpa membedakan asal daerah masing-masing dan keakraban pun terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 31/07/2018 pelaksanaan pelatihan dimulai dengan sesi Pre test dahulu dimasing-masing kelas, lalu dilanjutkan oleh Bapak Drs.Soeharto di kelas A beliau adalah Ahli Pengadaan dari BPKP. Sedangkan di kelas B diisi oleh Bapak Ir.Sudarisman yang juga Ahli Pengadaan dari Kementerian PUPR. Beliau menyampaikan materi 1 tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1 – 3 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Hari Kedua 01/08/2018 pelaksanaan pelatihan masih dilanjutkan dengan narasumber yang sama dengan hari pertama. Materi yang disampaikan adalah materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan, Dilanjutkan dengan materi 6 tentang Persiapan PBJ, Pada sesi akhir peserta mengerjakan Tes Materi 4 dan Tes Materi 5.

Hari ketiga 02/08/2018 pelaksanaan pelatihan dilanjutkan oleh Ibu Debby Sandra  dan Ibu Juni Irawati dari Ikatan Pengadaan Indonesia.  Pada masing-masing kelas, narasumber menyampaikan materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus, di sesi terakhir peserta melakukan Tes Materi 6, 7, 8, Dan 9.

Hari keempat 03/08/2018 pelatihan dilanjutkan dengan pembahasan keseluruhan materi, masih dengan narasumber yang sama yaitu Ibu Debby Sandra dan Ibu Juni Irawati. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan tibalah saat ujian, Ujian dilaksanakan pada hari ke lima (4 Agustus 2018).

Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang adalah 38.24 % untuk kelas A dengan peserta lulus sebanyak 13 peserta dan tidak lulus sebanyak 21 peserta. Sedangkan untuk kelas B presentase kelulusan sebanyak 38.71% dengan peserta lulus sebanyak 12 peserta dan tidak lulus sebanyak 19 peserta. Semoga dengan terselenggaranya pelatihan dan ujian sertifikasi ini dapat memberikan manfaat serta wawasan bagi peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan dapat diimplementasika dengan baik untuk memajukan insan pengadaan di Indonesia. Salam LPKN! [NABILAH ZIKRIYAH – LPKN]