Jakarta, 23/07/2018– Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan Juli ini. Tema yang di angkat kali ini adalah “Peraturan Pelaksanaan Perpres No 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” Diklat dilaksanakan selama dua hari (23-24 Juli 2018). bertempat di Hotel Sunlake, Jakarta.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya dari Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Padang Panjang, Dan Sekretariat Daerah Kabupaten Alor.
Diklat kali ini diikuti sebanyak 8 peserta dengan background asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antar peserta satu sama lain.

Kemudian di hari pertama acara 23/07/2018 pelaksanaan pelatihan disampaikan oleh bapak Sudarisman, beliau adalah Instruktur Ahli Pengadaan Kementrian PUPR, beliau menyampaikan materi tentang Gambaran Umum Pengadaan Berdasarkan Perpres No. 16 Tahun 2018, Perlem LKPP No 8 Tahun 2018 Tentang Pedoman Swakelola.
Lalu dilanjutkan oleh Bapak Imam Arumsyah, beliau berasal dari LKPP, beliau menyampaikan materi tentang Perlem LKPP nomor 7 tahun 2018 tentang pedoman Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan Katalog Elektronik (Perlem LKPP NO. 11 Tahun 2018).

Hari Kedua 24/07/2018 pelakasanaan pelatihan di lanjutkan oleh Pak Soeharto, beliau adalah Ahli Pengadaan Barang/Jasa-BPKP. Materi yang disampaikan tentang Perlem LKPP nomor 9 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia, Dan Pengadaan Barang/Jasa yang dikecualikan Pada dan Penanganan Keadaan Darurat (Perlem 12 & 13 tahun 2018). Selama diklat berlangsung terdapat sesi diskusi dan tanya jawab, dimana para peserta serta narasumber saling sharing tentang problem yang mereka alami selama di lapangan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Diharapkan dengan adanya Diklat ini dapat memberikan manfaat dan motivasi untuk menambah wawasan pengetahuan para peserta_Veny Putri Aulia_LPKN