Jakarta, 07/08/2018 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa di bulan juli lalu. Pelatihan kali ini berbentuk in-house atau pelatihan tertutup dengan peserta dari PT. Bank Riau Kepri, Pekanbaru. Peserta berasal dari lingkungan PT.Bank Riau Kepri, Pekanbaru yang terdiri dari 40 peserta. Peserta saling membaur tanpa membedakan asal daerah masing-masing dan keakraban pun terjalin antara peserta, panitia dan narasumber.

Hari Pertama 09/07/2018 pelaksanaan pelatihan di isi oleh Bapak Ika Gunawan beliau adalah Ahli Pengadaan dari BPKP.  Materi yang disampaikan adalah tentang Ketentuan Umum dalam Pengadaan Barang/Jasa, materi 2 tentang Tujuan, Kebijakan, Prinsip, dan Etika Pengadaan Barang/Jasa dan di lanjut dengan materi 3 tentang Pelaku PBJ. Pada sesi terakhir setelah peserta mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dan melakukan studi kasus, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tes materi 1-9 guna mengukur kemampuan peserta dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

Hari Kedua 10/07/2018 masih dengan narasumber yang sama, Pak Ika Gunawan menyampaikan materi 4 tentang PBJ Secara Elektronik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi, dan Pelayanan Hukum. Kemudian dilanjutkan dengan materi 5 tentang Perencanaan Pengadaan. Hari ketiga 11/07/2018 pelatihan dilanjutkan oleh Bapak Ir.Sudarisman, Beliau adalah Ahli Pengadaan dari Kementerian PUPR.  Materi yang disampaikan yaitu materi 6 tentang Persiapan PBJ, materi 7 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola, materi 8 tentang Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia, dan terakhir materi 9 tentang Pengadaan Khusus.

Hari terakhir pelatihan tanggal 12/07/2018 masih diisi dengan narasumber yang sama yaitu Pak Sudarisman, beliau membahas semua materi keseluruhan mulai dari materi 1- materi 9 serta membahas Tryout dari LKPP. Peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima semua materi, evaluasi dan study kasus di setiap harinya. Ditambah dengan hadirnya Ice Breaker andalan LPKN yaitu Alvin Musadeck menambah semangat peserta dan membuat kelas jauh lebih ceria. Setelah semua materi-materi yang di sampaikan oleh narasumber dalam sesi pelatihan, tibalah saat ujian, Ujian dilaksanakan pada hari terakhir yaitu hari Jumat tanggal 13/07/2018.

Ujian berjalan dengan sangat lancar dan tertib, semua peserta mematuhi aturan yang telah diberikan panitia serta pengawas dari LKPP yaitu Ibu Mira Erviana selaku pengawas di ujian PBJ kali ini. Presentase kelulusan yang dicapai oleh peserta ujian Bank Riau Kepri cukup memuaskan yaitu 37.50 % dengan peserta lulus sebanyak 15 peserta dan tidak lulus sebanyak 25 peserta. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. [NABILAH ZIKRIYAH – LPKN]

.