Jakarta, 21/05/2018– Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan april lalu. Tema yang di angkat kali ini adalah“Sosialisasi Peraturan Presiden No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” Diklat dilaksanakan selama dua hari (11-12 April 2018). bertempat di Hotel Sunlake, Jakarta.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi pemerintah diantaranya dari Dinas PUPR Kabupaten Indragiri Hilir, Sekretariat DPRD Kabupaten Ponorogo, RSUD Kota Bandung, Sekretariat DPRD Kabupaten Merauke, Universitas Sumatera Utara, PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah, dan Politeknik Negeri Padang. Diklat kali ini diikuti sebanyak 28 peserta dengan background asal daerah dan dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban antar peserta satu sama lain. Suasana yang diciptakan dalam diklat kali ini sangat menarik dan begitu antusias, karena didukung degan hadirnya para motivator terkenal seperti Andi Arsyil dan Gion Sugiyono sebagai pembuka acara.

Kemudian di hari pertama acara 11/04/2018 pelaksanaan pelatihan disampaikan oleh Bapak Emin Adhy Muhaemin, beliau adalah Direktur Pengembangan Sistem Katalog di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Pada sesi pertama hingga sesi terakhir beliau menyampaikan materi tentang latar belakang munculnya Peraturan Presiden No.16 tahun 2018, bagaimana perubahannya, dan apa saja pengaturan baru dalam peraturan Presiden No.16 tahun 2018 tersebut.

Hari Kedua 29/04/2018 pelakasanaan pelatihan di lanjutkan oleh Pak Ika Gunawan, beliau adalah instruktur ahli pengadaan barang jasa pemerintah dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selama diklat berlangsung terdapat sesi diskusi dan tanya jawab, dimana para peserta serta narasumber saling sharing tentang problem yang mereaka alami selama di lapangan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. □Nabilah Zikriyah LPKN