Jakarta, 16/05/2018– Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknik Nasional di bulan maret lalu. Tema yang di angkat kali ini adalah “Sosialisasi Peraturan Presiden No.16 Tahun 2018.” Diklat dilaksanakan selama dua hari (28-29 Maret 2018). bertempat di Hotel Sunlake, Jakarta.

Peserta berasal dari berbagai macam instansi diantaranya dari Balai Pengawasan Wilayah Suramadu, Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan, PT.Jaya Konstruksi, RSUD Kota Bandung dan Dinas PUPR Kabupaten Sambas. Diklat kali ini diikuti sebanyak 29 peserta dengan background asal daerah dan instansi yang berbeda, namun tidak mengurangi rasa keakraban selama diklat berlangsung. Suasana yang diciptakan dalam diklat kali ini sangat menarik dan antusias, didukung oleh hadirnya Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Bapak Dr.Ir.Agus Prabowo, M.Eng. sebagai pembuka acara.

Kemudian di hari pertama diklat 28/04/2018 pelaksanaan pelatihan disampaikan oleh Bapak Djamaluddin Ababubakar atau yang akrab di sapa Pak Deden. Beliau adalah pakar ahli pengadaan barang/jasa pemerintah dan juga pernah menjabat sebagai deputi hukum di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).  Pada sesi pertama dan kedua beliau menyampaikan materi tentang latar belakang munculnya Peraturan Presiden No.16 tahun 2018, bagaimana perubahannya, dan apa saja pengaturan baru dalam peraturan Presiden No.16 tahun 2018 tersebut.

Hari Kedua 29/04/2018 pelakasanaan pelatihan di lanjutkan oleh Pak Ika Gunawan, beliau adalah instruktur ahli pengadaan barang jasa pemerintah dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selama diklat berlangsung terdapat sesi diskusi dan tanya jawab, dimana para peserta serta narasumber saling sharing tentang problem yang mereaka alami selama di lapangan, dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. □Nabilah Zikriyah LPKN