Jakarta, April 2017 – Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) di bulan APRIL ini. Tema yang diangkat kali ini adalah “TRAINING of TRAINER Pengadaan Barang dan Jasa. ”Pelatihan ini pertama kalinya dilaksanakan oleh Lembaga Diklat Swasta yang bekerjasama oleh LKPP . Diklat dilaksanakan selama Lima hari( 10 – 14 April 2017 ) bertempat di Grand Whiz Hotel Kelapa Gading Jakarta Utara.

Sebagian besar peserta berasal dari Unit Kerja Booz Allen Hamilton dan selebihnya berasal dari instansi pemerintah daerah. Peserta berjumlah 26 orang.

Narasumber  yang dihadirkan adalah : Djamaluddin Abu bakar, Hartono Zhuang dan Ujian Praktik Melatih (micro Facilitating) di nilai oleh : Setya Budi Arijanta (LKPP) , Nurnaeni ( LKPP ) dan Hartono Zhuang serta Triyana  . Peserta merasa puas dalam mengikuti diklat kali ini. Pelatihan atau training ini menyenangkan karena penyajian materi oleh trainernya sangat baik sehingga mudah pemahamannya juga banyak penambahan ilmu karena materi- materi baru. Panitia pelaksana juga respek dan responsif. Terima Kasih LPKN“,

Hari Pertama 10/04/2017 pelaksanaan pelatihan dibuka oleh Bapak Ir. Dharma Nursani.,M.Sc., Ph.D (Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia-LKPP ). Sesi pertama dan kedua disampaikan oleh bapak Djamaluddin Abubakar, Beliau menyampaikan materi tentang filosofi dan pengantar pengadaan. Sesi ketiga dilanjutkan materi oleh Bapak Noeradhi. Beliau menyampaikan materi mengenai Persiapan Pengadaan Barang/ Jasa. Peserta sangat bersemangat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang terlontarkan dari para peserta. Lalu yang terakhir adalah materi mengenai penjelasan Evaluasi TOT dan pembagian Materi Microteaching yang disampaikan oleh Ibu Nurnaeni dari LKPP.

Hari kedua 11/04/2017 Pada sesi pertama dan kedua materi disampaikan oleh Bapak Tatang Rustadar Wiratmadja. Materi yang disampaikan adalah Pelaksanaan Pengadaan, Pelaksanaan Pengadaan / Finalisasi Kontrak dan Pelaksanaan/ Pengendalian Kontrak. Selanjutnya pada sesi ketiga dan keempat materi disampaikan oleh Bapak Djamaluddin Abubakar. Materi yang disampaikan adalah Philosophy Pelaksanaan PBJ Kontrak 1 dan PBJ Kontrak 2. Materi ini merupakan materi yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua peserta yaitu langsung praktek sehingga peserta semakin mempunyai bekal yang dapat di implementasikan setelah pulang ke instansi mereka.

Hari ketiga 12/04/2017 Pada sesi pertama hingga sesi keempat disampaikan oleh Motivator Bapak Hartono Zhuang. Beliau selaku motivator memberikan materi mengenai Training Fundamente, Learning and Development Model, Instructione Design dan Adult Learning Principle.

Hari keempat 13/04/2017 Pada sesi pertama hingga sesi ketiga disampaikan oleh bapak Hartono Zhuang. Materi yang disampaikan oleh beliau adalah mengenai Constructive Learning Activities, Menyusun Lesson Plan dan Presentasi Lesson Plan Summary & Review Post Test. Lalu sesi terakhir dilanjutkan penilaian Praktik Melatih 6 orang peserta yang masing-masing diberikan waktu 30 menit dan dinilai oleh Bapak Setya Budi A, Bapak Hartono Zhuang dan Ibu Umi Nuraeni.

Hari kelima 14/04/207 Pada hari terakhir ini, dilanjutkan penilaian Praktik Melatih 19 orang peserta yang masing-masing diberikan waktu 30 menit dan dinilai oleh Bapak Setya Budi A, Bapak Hartono Zhuang dan Ibu Umi Nuraeni.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan dapat mengimplementasikannya dengan baik. □ Ratuazalea LPKN